Cara Instal Windows XP

INSTALASI WINDOWS XP – Kegiatan yang satu ini yaitu Instalasi Windows XP masih banyak di lakukan di kalangan perkantoran, perorangan, atau bahkan pelajar. Sistem yang berdiri sudah cukup lama ini masih banyak di minati, Kenapa masih banyak di minati ??? memang setiap produk itu memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda, nah keunggulan-keunggulan yang di miliki sistem operasi windows XP salah satunya adalah minimum spesifikasi windows XP lebih ringan, bahkan saya sendiri masih menggunakannya pada komputer saya yang saya buat usaha rental.
Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Menginstal Windows XP. Di artikel ini yaitu tentang Cara Menginstal Windows XP sudah saya sertakan dengan gambarnya agar prosesnya lebih mudah dan sobat tidak akan merasa kebingungan saat instalasi.
Perlu di garis bawahi, bawasannya ada satu hal yang harus sobat ketahui sebelum Menginstal Windows XP yaitu bahwa semua informasi pada sistem drive sebelumnya (biasana drive ;C) akan terhapus selama proses instalasi berjalan, Kalau drive ;D kehapus tidak ??? tenang dulu sobat, untuk partisi drive ;D tidak akan di hapus bersih, karena yang di butuhkan hanya ruang untuk sistem windows XP sendiri yaitu ruang drive C. Kita lanjut ke tahap persiapan awal sebelum menginstal windows XP.
Pastikan komputer sobat memiliki spesifikasi sebagai berikut :
1.       Prosesor Intel pentium minimal 4
2.       Memory minil 512 Mb
3.       VGA satu 12Mb  keatas
4.       Untuk kapasitas drive C memiliki kapasitas 30 gigabytes (minimal 10 Gigabytes)
5.    Yang terakhir pastikan anda memiliki product key atau sering di sebut serial number.  Untuk serial number biasanya sudah di sediakan satu paket dalam CD. Namun biasanya kalau sobat beli CD dari toko maka sobat akan mendapatkan serial number tersebut, akan tetapi jika sobat meminjam pada teman soobat yang ahli komputer maka CD tersebut biasanya tidak ada serial numbernya, la terus kita harus cari di internet gitu untuk instalasi windows XP???? Tidak, biasanya kalau CD seperti itu atau biasa di sebut CD bajakan pada saat proses instalasi tidak akan di mintal serial number, jadi otomatis berjalan tanpa memasukkan serial number.
Jika sobat sudah melakukan persiapan awal kita lanjut ke tahap proses instalasi windows XP.
Berikut adalah langkah-langkah instalasi windows XP profesional dan jangan lupa perhatikan keterangan-keterangannya ya sobat. :
Langkah 1
Sobat nyalakan komputer/laptop yang sobat miliki, kemudian sobat tekan DEL atau F2, terkadang juga F1 atau esc pada merk yang lain. Catatan : untuk tekan DEL biasanya hanya terkhususkan pada komputer sedangkan F2 biasanya terkhususkan pada laptop. Mengapa hal ini perlu di lakukan ??? karena bertujuan untuk masuk ke setup menu, untuk kenapa??? Untuk memastikan “booting” dimulai dari CD dan hal ini sangatlah penting untuk proses instalasi windows XP.
Cara Instal Windows XP
Langkah 2
Setelah sobat tekan DEL atau yang lainnya, maka sobat akan di hadapkan pada tampilan sebagai berikut. Catatan : tampilan saat boting berbeda-beda karena tergantung merk komputer atau laptop. Terus apa yang saya lakukan setelah masuk booting??? Yang harus anda lakukan setelah masuk pada menu botting anda cari kata Boot, untuk apa itu??? Mudah saja untuk setting booting pertama ke CD installer windows XP.
Cara Instal Windows XP

Langkahh 3
Langkah selanjutnya arahkan CD ke posisi yang pertama yaitu pada menu BOOT, Catatan : perlu sobat ingat bahwa tampilan menunya berbeda-beda karena hal tersebut tergantung merk akan tetapi inti dari ini sama, yaitu untuk memposisikan CD ke yang pertama biasanya ada keterangannya di samping kiri atau bawahnya.
Cara Instal Windows XP

Langkah 4
Yang terakhir untuk setting booting, jangan lupa sobat save ya, setelah itu exit. Akan tetapi jangan lupa masukkan D windwos XP ke komputer / laptopnya sebelum restart lagi.

Langkah 5
Setelah langkah 1-4 telah sobat lakukan dengan benar maka setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Pada saat tampilan seperti gambar di bawah sobat tekan tombol pada keyboard (ingat terserah sobat mau menekan tombol apa) supaya apa ??? supaya masuk ke proses instalasi windows XP.
Cara Instal Windows XP
Langkah 6
Tampilan saat proses instalasi di mulai, nah pada saat itu sobat perhatikan saja dan tidak usah melakukan apapun.
Cara Instal Windows XP

Langkah 7
Setelah tampilan langkah 6 telah usai maka tampilan akan berganti seperti gambar di bawah, pada saat itu sobat tekan enter untuk memulai instalasi.
Cara Instal Windows XP

Langkah 8
Maka selanjutnya sobat tekan F8 untuk menyetujui proses instalasi
Cara Instal Windows XP
Langkah 9
Langkah ini biasa di sebut dengan nama pengaturan partisi atau disebut juga dengan pengaturan hardisk. Partisi ini jumlahnya sangat berbeda-beda karena tergantung pengaturan dahulu sejak awal, akan tetapi bisa di atur-atur lagi. Misalnya dengan 2 jumlah partisi yaitu C: dan D: (C: alias sistem windwos sedangkan D: alias data-data/local disk). Nama tersebut mungkin bermacam-macam tapi sobat yakinlah bahwa yang akan di install adalah yang C:
Arahkan kursor / tanda marking ke C: atau sistem windows XP sebelumnya, setelah itu tekan Delete atau Del. Kenapa di lakukan sedemikian ???? karena hal ini di lakukan untuk membersihkan partisi sehingga benar-benar bersih.
Cara Instal Windows XP

Langkah 10
meyakinkan penghapusan (Delete) tekan L pada keyboard sobat. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 11
Arahkan tanda ke partisi yang akan di install windows XP. Karena yang ingin kita install pada partisi C; maka arahkan tersebut ke partisi C:, setelah itu sobat buat partisi yang baru dengan menekan ENTER atau menekan tombol C (create partition/membuat partisi).
Cara Instal Windows XP

Langkah 12
Sobat ketikan angka yang sobat inginkan (biasanya terdiri dari 5 digit) atau tekan tombol C atau tekan ENTER pun tidak apa-apa. Mengetikan angka : sebenarnya untuk mengatur luas/besarnya partisi C; tersebut, umumnya di sarankan lebih dari 20 Gigabytes (20000), kalo tekan enter berarti otomatis. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 13
Selanjutnya sobat hanya perlu tekan ENTER.
Cara Instal Windows XP
Langkah 14
Nah pada saat ini proses instalasi windows XP di mulai secara otomatis, yaitu memasukkan data-data sistem ke Hard-Disk.
Cara Instal Windows XP
Lankah 15
Sobat tidak usah melakukan hal-hal apapun 
Cara Instal Windows XP
Catatan : 
jika sobat menemui tampilan seperti bawah ini maka sobat tidak usah melakukan hal apapun termasuk menekan tombol keyboard sembarang, jika sobat menekan tombol keyboard seperti langkah di atas maka instalasi akan di mulai dari awal lagi. jadi kesimpulannya tidak usah melakukan hal apapun.
Langkah 16
Sobat tidak usah melakukan hal-hal apapun hingga tampilan seperti gambar di bawah ini. Setelah itu klik Next. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 17
Ketikkan nama sesuai keinginan.
Cara Instal Windows XP
Langkah 18
Setelah memasukkan nama sobat di anjurkan untuk memasukkan “Product Key” yang telah di persiapkan pada persiapan tadi. Jika sudah sobat tekan Next. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 19
Sobat ketikkan lagi nama komputer/laptop sesuai keinginan sobat. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 20
Pada langkah ke 20 sobat atur waktu untuk di sesuaikan. Jangan lupa pastikan tahunnya benar. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 21
Pada tahap ini proses instalasi kembali berjalan.
Cara Instal Windows XP
Langkah 22
Sobat hanya menekan Next saja. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 23
Sobat hanya menekan Next saja, sama seperti langkah yang ke 22
Cara Instal Windows XP
Langkah 24
Pada langkah ini sobat tidak perlu melaukan hal apapun, yang perlu sobat lakukan hanyalah menunggu. 
Cara Instal Windows XP
Catatan : Perlu di ingat lagi jika sobat menemui tampilan seperti gambar di bawah maka sobat tidak usah melakukan hal apapun. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 25
Hingga muncul seperti ini sobat tekan OK. 
Cara Instal Windows XP

Langkah 26
Pada langkah ini sobat juga tekan OK. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 27
Tekan Next saja 
Cara Instal Windows XP
Langkah 28
Pada tahap ini sobat pilih yang merah (No right now) kemudian tekan Next. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 29
Sobat tekan SKIP
Cara Instal Windows XP
Langkah 30
Sobat pilih No. Dan kemudian klik Next
Cara Instal Windows XP
Langkah 31
Ketikan Nama sesuai keinginan. Kemudian klik Next. Catatan : untuk nama sobat bisa samakan dengan perintah mengisikan nama sebelumnya. 
Cara Instal Windows XP
Langkah 32.
Sobat tekan Finisih
Cara Instal Windows XP
Langkah 33
Sampai tahap ini proses instalasi Windows XP telah berhasil. Keluarkan CD windows XP installernya, kemudian restart lagi. 
Cara Instal Windows XP
Catatan : setelah sobat melakukan proses Instalasi Windows XP dan telah berhasil pada umumnya masih bisa di katakan belum sempurna, dan untuk di katakan sempurna sobat perlu instal driver windows XP. Untuk hal driver windows XP insya Allah akan saya bahas pada tutorial selanjutnya.
Demikianlah tutorial kali ini yang membahas tentang INSTALASI WINDOWS XP. Semoga bermanfaat.....

1 Response to "Cara Instal Windows XP"

  1. Thx Infonya gan .. Numpang Share yah ..
    Mau Dapat Uang Tambahan dgn Cara mudah klik link dibawah ini :
    http://djarumsoccer.blogspot.com/2017/08/prediksi-uruguay-vs-argentina-01.html#.WaUGpPmGNEZ

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca Blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang Baik