Cara Instal Windows 7

INSTALASI WINDOWS 7 - merupakan salah satu kegiatan yang sering di lakukan oleh kita semua bagi yang mempunyai sebuah komputer, laptop, atau yang lain. Instalasi windows 7 sendiri bisa di bilang gampang-gampang mudah, jika anda pahami dengan betul  pasti akan terasa mudah untuk melakukan instalasi windows 7, dan juga sebaliknya. Tau gak sih pengertian instalasi windows 7 ??? ini pengertiannya, Instalasi Windows 7 adalah cara menginstal sistem operasi pada sebuah komputer yang  di terapkan pada satu partisi pada hardisk. Mungkin pengertian ini agak sedikit berbeda dengan yang lain.
Langsung ke tema saja yaitu tentang CARA INSTALASI WINDOWS 7 , ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. Sebelum menginstall Windows 7 ada beberapa tahap persiapan yang harus di lakukan, di antaranya adalah :
Sepesifitikasi : Spesifikasi Minimum Hardware yang siap untuk di instal windows 7
Tipe Prosesor : Cara mengetahui Tipe Prosesor 32 bit dan 64 bit
Driver Windows : Cara Install Drivers Windows  7
Software windows : Software untuk Windows 7
Sistem Instalasi Windows : Cara Install Windows 7 menggunakan CD/DVD  dan Cara Install Windows 7 menggunakan FlasDisk
Berikut langkah-langkah menginstall Windows 7 :
Catatan : sebaiknya sobat pilih saat instalasi menggunakan CD/DVD atau menggunakan Flash Disk jika sobat memilihmenggunakan Flas Disk silahkan atur dulu menu booting yang ada dalam BIOS.
Langkah 1
Pastinya sobat nyalakan komputer / laptop sobat
Langkah 2
Sobat atur pada menu BIOS tepatnya pada menu BOOT, yaitu sobat setting boot pertama ke CD/DVD jika sobat menggunakan CD/DVD akan tetapi jika sobat menggunakan Flash Disk, maka masukkan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop, oh iya hampir lupa, jangan lupa ya sobat unutk masuk ke menu BIOS sobat tekan F2, DEL, Esc, F10, semua berbeda tergantung merk untuk komputer paling sering menggunakan tombol DEL.
Cara Instal Windows 7
Langkah 3
Gambar di bawah ini contoh ketika masuk ke setup utility. Ingat tampilan bisa bermacam-macam karena tergantung merk pada komputer atau laptop yang sobat miliki.
Cara Instal Windows 7
Detail pengaturan booting

Cara Instal Windows 7
 Catatan : Jangan lupa setelah setting menu boot sobat save.
Langkah 4
Nah pada saat gambar seperti di bawah ini, sobat cukup mengetik sembarang pada keyboard.
Cara Instal Windows 7
Langkah 5
Pada langkah kali ini sobat tidak perlu melakukan hal apapun.

Cara Instal Windows 7
Langkah 6
Hingga tampilan seperti ini, sobat klik Next.
Cara Instal Windows 7
Langkah 7
Jika sobat sudah klik Next maka akan tampil lembaran baru seperti gambar di bawah ini. Sobat klik Install Now.
Cara Instal Windows 7
Langkah 8
Setelah klik Install Now tampilan akan berubah ke halaman persutujuan tentang peraturan windows 7. Sobat klik centang pada kata “I accept the license terms” setelah itu klik Next.
Cara Instal Windows 7
Proses sedang Dimulai
 
Cara Instal Windows 7
Langkah 9
Pada langkah kali ini, sobat Klik Custom (advenced) – kenapa memilih Custom (advenced) ??? karena pada langkah kali ini akan memproses windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus sistem yang lama.
Cara Instal Windows 7
Langkah 10
Nah pada langkah ke 10 ini bisa di bilang agak sedikit rumit. Emang kenapa ??? karena pada langkah ini sobat di haruskan mengatur partisi hardisk pada komputer sobat, akan tetapi jika sobat memerhatikannya dengan betul proses ini bisa di anggap mudah. Karena saya sendiri sudah merasakannya.
Pada tampilan di bawah ini adalah contoh laptop yang memiliki 3 partisi, pertama adalah system reserved, yang kedua windows 7 yang lama alias C; untuk partisi C; biasanya berisi sistem operasi windows dan yang terakhir atau yang ketiga adalah partisi D; yaitu partisi ini berisi berbagai Data-Data. Inti dari ini yang sobat harus pahami adalah yang C; karena yang C; adalah sistemoperasi windows yang harus sobat format dan menginstallnya dengan sistem operasi windows. Lantas bagaimana cara memformat dan menginstalnya pada partisi C; ??? tenang, hal tersebut akan di jelaskan pada langkah berikutnya. Simak gambar sebagai berikut.
Cara Instal Windows 7
Langkah 11
Delete partisi C; yang merupakan isi sistem operasi windows, setelah sobat tekan delete pada partisi C; maka akan terhapus secara otomatis. Lantas My Documents terhapus tidak ??? ya, My Documents juga ikut terhapus karena My Documents juga termasuk pada partisi C;
Cara Instal Windows 7
Arah kursor, delete partisi dengan cara mengeklik Delete, kemudian klik OK.
Kemudian tampil seperti gambar di bawah ini, nah pada tampilan seperti itu arahkan kursor pada partisi yang akan di isi windows 7 yang baru, selanjutnya klik New kemudian Klik OK. Catatan : biasanya setelah sobat klik New sobat di suruh mengisi berapa Byte hard Disk yang akan di buat)
Cara Instal Windows 7
Setelah tampilan akan berubah seperti gambar di bawah  ini, selanjutnya arahkan kursor pada partisi yang akan di instal windows 7 yang baru yaitu partisi C;, setelah sobat memilih mana partisi yang akan di install sobat klik Next.
Cara Instal Windows 7
Nah pada proses kali ini adalah benar-benar disebut proses Instalasi Windows 7, jika tampilannya seperti ini sobat bisa bersantai-santai, karena apa???? Karena proses instalasi akan berjalan otomatis. Catatan : jangan klik apapun, biarkan saja sampai proses instalasi selesai dan sampai restart kembali dengan sendirinya. Perlu di ingat jika sobat instalasina menggunakan CD maka sobat tidak usah melakukan apapun, akan tetapi jika sobat menggunakan Flash Disk maka setelah restart atau pada saat restart sobat di haruskan cabut flas dishk tersebut.
Cara Instal Windows 7
Langkah 12
Setelah restart, pada tampilan seperti di bawah ini jangan klik apapun, kalau diklik emang kenapa ??? jika sobat mengeklik sembarang maka akibatna mulai lagi dari awal atau seperti langkah di atas. Akan tetapi jika sobat memakai Flas Disk dan sudah sobat jabut maka tampilan seperti di bawah ini akan tidak tampil.
Biarkan saja, tidak melakukan hal apapun (klik).
Cara Instal Windows 7
Langkah 13
Jika sudah menemui tampilan di bawah ini, sobat di haruskan untuk mengisi nama untuk laptop atau komputer sobat, jika sudah mengisi nama tersebut sobat klik Next.
Cara Instal Windows 7
Langkah 14
Pada langkah ke 14 ini tergantung sobat, jika ingin memasukkan pasword tidak apa-apa dan jika tidak ingin memasukkan pasword juga tidak apa-apa. Klik Next.
Cara Instal Windows 7
Langkah 15.
Jika sobat sudah memiliki kode windows 7, ketik kodenya ke dalam kotak yang telah tersedia, dan klik automatically activate windows. Jika belum punyai kode, jangan di isi apapun. Klik Next.
Langkah 16
Sobat klik Use recommendet setting
Cara Instal Windows 7
Langkah 17
Selanjutnya sobat atur waktunya, jika sudah di atur waktunya sobat klik Next.
Cara Instal Windows 7
Langkah 18
Selamat proses instalasi sudah selesai.
Cara Instal Windows 7

Catatan : jika sobat belum memasukkan kode windows nya atau belum di aktifkan maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari saja. Lantas jika 30 hari belum di aktifkan apa yang terjadi??? Yang terjadi adalah laptop / komputer sobat akan berubah hitam dan jika di biarkan saja kadang bisa merusak hardware laptop atau komputer, sekedar rekomendasi, sebainya setelah di install sobat langsung aktifkan windows nya akan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Setelah instal baru atau instal ulang windows 7 pada laptop atau komputer sobat, sangat di rekomendasikan dan wajib instal driver windows. Untuk hal driver windows insya allah akan saya lanjutkan pada tutorial selanjutnya
Demkian tutorial kali ini tentang CARA INSTALL WINDOWS 7. Semoga bermanfaat......

0 Response to "Cara Instal Windows 7"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca Blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang Baik