Cara Buat Bootable USB

MEMBUAT MEDIA INSTALASI USB BOTABLE – terbayangkah anda jika anda ingin melakukan instalasi windows pada komputer anda menggunakan Flas Disk, emang bisa??? Ya bisa, di era serba canggih seperti ini manusia menciptakan hal-hal yang baru, contoh hal pada materi kali ini yaitu instalasi windows menggunakan Flash Disk, kalau dulu sering kita jumpai instalasi windows baik windows Xp, windows 7, Windows 8 atau pun Linux menggunakan CD. Memang sebagian orang tidak menyukai metode ini dan lebih menyukai metode menggunakan CD ada juga sebagian orang lebih menyukai metode ini di bandingkan metode menggunakan CD pada saat instalasi, ada juga orang yang suka keduanya. Kalau di lihat dari sisi hasil yang di hasilkan memang sama saja pada intinya yaitu tentang Instalasi akan tetapi semua mempunyai keunggulan sendiri dan kelemahan tersendiri, pada metode ini yang saya suka adalah lebih praktis, karena tidak perlu menggunakan CD karena CD biasanya jangka panjang tidak awet, akan tetapi ada kelemahan yang harus sobat atasi yaitu pengaturan tambahan saat instalasi yang biasanya di jelaskan di instalasi windows 7, sedangkan CD tidak ada pengaturan tambahan pada instalasi windows 7 tetapi untuk jangka panjang saya lebih suka metode ini.
Metode ini sangat bermanfaat bagi semua orang khususnya bagi teknisi komputer atau juga pemilik komputer, terutama pada notebook yang tidak memiliki CD/DVD drive (maksut mudah nya adalah tidak memiliki CD Room), selain itu menggunakan USB jelas mempermudah kita untuk update BIOS, recovery pasword atau mencoba, memeriksa dan menganalisa sebuah sistem operasi.
Lantas bagaimana caranya ??? sebelum kita ke cara bagaimana cara USB menjadi Bootable, alangkah baiknya sobat mengetahui aplikasi apa yang kita gunakan dalam membuat USB menjadi Bootable, Aplikasinya apa namanya ??? kali ini kita menggunakan Rufus, ya Rufus, mungkin nama aplikasi kali ini agak sedikit asing bagi sobat, akan tetapi Software yang satu ini memiliki keunggulan-keunggulan yang di miliki. Software Rufus sendiri hanya mempunyai ukuran sebesar 459 KB, kecil banget??? Memang kecil, Rufus sendiri juga bersifat free atau gratis dan portable.
Berdasarkan website resmi pengembang situs, Software Rufus mampu bekerja dua kali lipat lebih cepat di bandingkan dengan software sejenis lainnya, antara lain WiNToBootic v1.2, Universal USB Installer v1.8.7.5 dan masih banyak lagi, hebat bukan!. Selain itu Rufus mendukung pembuatan Bootable USB untuk banyak sistem operasi antara lain Ubuntu, Windows Xp, Windows Server, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, sebenarnya masih banyak lagi. Oke langsung saja bagaimana cara  membuat bootable USB , ikuti langkah-langkah di bawah ini.
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BOOTABLEL USB:
Langkah 1
Pastikan sobat sudah mempunyai Software Rufus, jika belum sobat bisa download di internet, jika sobat sudah mendownload dan sudah tersimpan cari dan klik ganda pada icon Rufus tersebut.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 2
Setelah sobat mendownload dan membuka aplikasi tersebut, pastikan Flash Disk sudah tercolokan pada USB komputer atau Laptop. Secara otomatis Software Rufus akan mendeteksi drive, sistem file serta ukuran cluster dan volume label flash disk tersebut.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 3
Jika Rufus tidak mendeteksi USB yang sudah di colokkan pada komoputer sobat, maka cara mengatasinya sobat tampilkan opsi tingkat lanjut dengan menekan icon di sebelah teks Format Options. Selanjutnya tandai opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disk.
Cara Buat Bootable USB

Langkah 4
Lantas bagaimana cara agar USB menjadi Bootable??? Ya, dengan cara pada bagian opsi Create a bootable disk using, sobat gunakan pilihan ISO image. Setelah apa lagi??? Klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan di masukkan ke dalam Flash Disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Sobat biarkan opsi Quick format tetap aktif, agar kenapa??? Agar proses format partisi menjadi lebih cepat.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 5
Setelah itu??? Sobat klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Perlu sobat ingat bahwa Rufus akan menghapus seluruh data yang ada pada flash disk.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 6
Klik tombol OK untuk memmulai proses pembuatan bootable USB.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 7
Setela itu pertama kali rufus akan melakukan format terlebih dahulu terhadap USB flash drive yang di tentukan. Jika sudah selesai bbaru melakukan penyalinen file-file yang ada dalam file ISO.
Cara Buat Bootable USB
Langkah 8
Setelah proses pembuatan bootable Usb selesai sobat klik tombol Close untuk menutup Rufus.

Itulah tadi Langkah-langkah Membuat Bootable USB, jika merasa kebingungan bisa cantumkan comment pada kolom komentar. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat .....

2 Responses to "Cara Buat Bootable USB"

  1. Thx infonya..izin share ya gan, yg mau dapat penghasilan tambahan buka link berikut ya http://freebet388.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca Blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang Baik